Sabtu, 15 Januari 2011

Mengenal Lebih Dekat Perpustakaan Umum Kota Malang









Malang, Pada 14 Januari 2011, sebanyak 15 orang dari Badan Arsip dan Perpustakaan Kota Surabaya berkunjung ke Perpustakaan Umum Kota Malang guna mengenal lebih dekat Perpustkaaan Umum Kota Malang, dalam kunjungan kerja tersebut ikut serta Kepala Badan Arsip dan Perpustakaan Umum Kota Surabaya dan ditemani Ka-Bagian Kepegawaian, Ka-Bidang Layanan dan Ka-Sub bidang Layanan dan Informasi.

Sebelum meluncur ke Kota Malang, para peserta yang mengikuti kunjungan kerja mendapat pengarahan singkat dari Kepala Badan Arsip dan Perpustakaan Umum Kota Surabaya tentang kunjungan kali ini. Kunjungan kali ini dimaksudkan agar para pegawai Perpustakaan Umum Kota Surabaya dapat mengenal Perpustakaan Umum Kota Malang sebagai Perpustakaan yang telah mendapatkan prestasi Nasional dimulai dari mengalahkan ribuan Dinas atau Institusi lalu masuk 218 hingga akhirnya dapat meraih juara Nasional dibidang Pelayanan Citra Publik.

Diketahui minat baca masyarakat Indonesia masih rendah bila dibandingkan dengan negara seperti Jepang, India. Karena itulah upaya–upaya Pemerintah dalam menumbuhkan minat baca dilakukan secara terus menerus tanpa mengenal lelah. Baik itu melalui penyebaran TBM, Rumah Baca, Rumah Pintar , dan TBM @Mall yang sudah dapat ditemui dimana-mana.

Perpustakaan Umum Kota Malang terletak di jalan Ijen depan Museum Brawijaya tepat berada di jantung kota Malang. Faktor lokasi Perpustakaan Umum Kota Malang yang cukup strategis hal ini menyebabkan sangat mudah dijangkau oleh berbagai kalangan, selain itu juga kota Malang merupakan kota pelajar sehingga berdampak positif untuk jumlah pengunjung Perpustakaan yang rata-rata 1000 orang/hari. Perpustakaan Umum Kota Malang sama halnya dengan Perpustakaan Umum Kota Surabaya juga mengadakan berbagai event untuk melakukan gerakan persuasif massa agar mengunjungi Perpustakaan.

Mengenai prosedur pelayanan berpegang pada asas menjamin ketentuan, keamanan, keadilan, kenyamanan bagi semua baik itu pengunjung maupun pegawai yang ada di Perpustakaan. Hal-hal yang tidak berbeda jauh dengan Perpustakaan Umum Kota Surabaya , yaitu sistem layanan dan sarana prasarana yang up to date, seperti layanan keanggotaan, layanan peminjaman buku, layanan fotocopy, layanan pengembalian atau perpanjangan buku, layanan baca di tempat, layanan penitipan barang, layanan kunjungan berkelompok atau rombongan, layanan audio visual, layanan Perpustakaan keliling, layanan penelusuran arsip, dan layanan tambahan antara lain mendongeng untuk anak (story Telling), layanan magang (PKL atau penelitian), layanan free internet dan fasilitas hot spot, layanan pemutaran film, layanan pembinaan pengelolaan Perpustakaan, layanan pelaksanaan seminar, workshop, sarasehan, dan layanan pelaksanaan pameran dan pelestarian seni budaya.

Dalam rangka peningkatan pelayanan Perpustakaan Umum Kota Surabaya, kunjungan kerja tersebut sekaligus melihat adanya informasi pengaduan dan book request dimana sangat di manfaatkan oleh pelanggan Perpustakaan, mengenai pengaduan akan ditindaklanjuti segera dan dituangkan dalam bentuk rekapan karena untuk informasi pengaduan diperlukan adanya ruang khusus. Bagi para pengunjung yang telah menjadi anggota tidak perlu mengisi di buku tamu karena sudah terekap dengan sendirinya, selain itu setiap hari dilakukan rekapan pengunjung baik dari sistem komputer maupun sistem manual yaitu buku tamu. Suasana yang sejuk dan tempat yang nyaman, salah satunya dengan disediakan juga tempat panggung kecil untuk pengunjung.

Perpustakaan yang baik adalah yang nyaman dengan petugas yang ramah dan menguasai pekerjaanya dengan baik ujar Pak Budi PLT Perpustakaan Umum Kota Malang. Perpustakaan Umum Kota Malang terletak di lantai 2 di desain sedemikian rupa agar tidak terganggu oleh aktifitas yang lain. Penataan ruang dan material rak serta meja kursi yang nyaman serta penunjuk buku yang bergantungan di buat secara sederhana dari bahan karet menandakan semangat kreatif dan inovasi.

Kunjungan kerja ke Perpustakaan Umum Kota Malang mengobarkan kembali semangat untuk terus kreatif dan inovatif dalam rangka meningkatan pelayanan prima di Perpustakaan Umum Kota Surabaya.

Salam hangat dari Perpustakaan Umum Kota Surabaya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TOTAL PENGUNJUNG