Jumat, 18 Februari 2011

Sosialisasi Perpustakaan Umum Kota Surabaya








Dalam rangka mendukung Visi Kota Surabaya sebagai Kota Perdagangan dan Jasa yang Cerdas, Manusiawi dan berwawasan lingkungan Badan Arsip dan Perpustakaan Kota Surabaya mencanangkan Visi yaitu menjadi sumber informasi dan mencerdaskan masyarakat Kota Surabaya yang selanjutnya dijabarkan pada Misi antara lain :
  • Membina dan mengembangkan Perpustakaan;
  • Membina dan meningkatkan kualitas pelayanan perpustakaan;
  • Melestarikan koleksi sebagai hasil budaya;
  • Meningkatkan jumlah pelayanan perpustakaan;
  • Menyelenggarakan informasi perpustakaan
Untuk merealisasikan Misi tersebut diatas Badan Arsip dan Perpustakaan c/q Bidang Layanan dan Informasi perpustakaan membuat berbagai program salah satu diantaranya wisata buku anak.Dalam manajemen perpustakaan faktor penentu keberhasilannya selain dana adalah Sumber Daya Manusia (SDM) sebagai penanggung jawab dan pelaksana kegiatan Operasional. Untuk itu diharapkan dapat meningkatkan motivasi tenaga / SDM pengelola perpustakaan dalam mengelola perpustakaan sekaligus meningkatkan minat dan budaya Gemar membaca di masyarakat.

DASAR PENYELENGGARAAN
  1. Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan;
  2. Peraturan Daerah Nomor 5 Tahun 2009 tentang Penyelenggaraan dan Pengelolaan Perpustakaan;
  3. Peraturan walikota Surabaya Nomor 90 Tahun 2008 tentang Rincian Tugas dan Fungsi Lembaga Teknis Kota Surabaya;
Kami petugas tehnik Perpustakaan Umum Kota Surabaya mengadakan kunjungan sosialisasi karena kami melihat ini harus kami lakukan agar pesan dari Perpustakaan Umum Kota Surabaya tersampaikan dengan cepat dan ini adalah sebagian tugas dari kami sebagai pelayan abdi masyarakat.

Kunjungan sosialisasi ini kami adakan selama 2 kali setiap minggunya,kegiatan ini sangat di dukung oleh ibu Arini Pakistyaningsih SH MM Kepala Badan Arsip dan Perpustakaan Kota Surabaya ,dan sekolah –sekolah yang telah kami kunjungi rata-rata memberikan respon yang baik.

Respon dan animo dari beberapa kepala sekolah yang kami datangi kami lumayan bagus ,selain karena di tiap sekolah memang sudah ada perpustakaannya,dan yang kami dengar dari salah satu kepala sekolah bahwa anak-anak hampir setiap hari minta tanda tangan kepala sekolah dan stempel dari sekolah mereka agar mereka segera menjadi anggota perpustakaan ,kata kepala sekolah min 3-5 anak tiap hari mengajukan formulir pendaftaran Perpustakaan Umum Kota Surabaya.

Upaya dan sosialisasi ini bila tanpa dukungan berbagai pihak hasilnya akan kurang maksimal ,karena itulah dukungan pihak2 yang berkompeten dalam usaha menggairahkan minat baca masyarakat segera menindaklanjuti usaha ini agar lebih maksimal.

Dalam kunjungan kami ke sekolah -sekolah di sekitar lokasi Perpustakaan Umum Kota Surabaya,kami tentu saja juga memberikan informasi sebanyak-banyaknya kepada Kepala Sekolah tentang kegiatan lain selain WISATA BUKU ANAK yang telah di laksanakan seperti misalnya Bedah Buku,Training,Kelab Penulis Cilik,Kelab Parenting ,Diskusi dll.Kegiatan di buat agar pengunjung mendapatkan banyak pilihan selain membaca buku.

Semoga hasil yang tiada henti dari Perpustakaan Umum Kota Surabaya ini kelak dapat merubah kebiasaan membaca masyarakat Surabaya menjadi lebih baik lagi.

KAWAN……..PERJUANGAN BELUM SELESAI ……

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TOTAL PENGUNJUNG